BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan dan kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) akhir–akhir ini dirasakan hampir di setiap aspek
kehidupan masyarakat. Sebagaimana setiap kemajuan teknologi komunikasi yang
lain, internet masuk ke berbagai bentuk kehidupan masyarakat. Hal ini terjadi
karena komunikasi adalah salah satu kebutuhan yang mendasar pada masyarakat.
Teknologi internet berkembang dan menyatu dalam sebuah ‘dunia’ atau ‘ruang
maya’ atau sering disebut sebagai cyber-space, sebuah dunia atau tempat orang
dapat berkomunikasi, ‘bertemu’, dan melakukan berbagai aktivitas
ekonomi/bisnis. informasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang
dapat diperdagangkan. Keadaan ini terbukti dengan semakin berkembangnya bisnis
pelayanan informasi, seperti stasiun televisi, surat kabar, radio dan internet
yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Perubahan lingkungan yang
pesat, dinamis dan luas tersebut didukung oleh kemajuan teknologi informasi
disegala bidang. Hal ini telah mendorong transformasi masyarakat tradisional
menjadi masyarakat informasi.
B. Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang
masalah di atas, dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Apa peranan IT dalam Bidang
Bisnis/Ekonomi ?
2. Apa dampak positif dan negatif IT pada
bisnis/ekonomi ?
3. Apa manfaat dari perkembangan IT dalam
bidang Bisnis/Ekonomi ?
C. Tujuan Penulisan
Sesuai dengan permasalahan yang telah di
kemukakan di atas, maka tujuan penulisan ini di arahkan untuk :
1. Menguraikan apa peranan IT dalam bidang
bisnis/ekonomi.
2. Menjelaskan efek IT dalam organisasi
perusahaan.
3. Menguraikan Masalah dan pemecahannya
akibat perkembangan IT.
D. Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan makalah ini, perlu
sekali pengumpulan data serta sejumlah informasi aktual yang sesuai dengan
permasalahan yang akan di bahas. Sehubungan dengan masalah tersebut dalam
penyusunan makalah ini, kami menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yang
pertama browsing di internet, kedua dengan membaca media cetak dan yang ketiga
dengan pengetahuan yang kami miliki.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Peranan TIK dalam Bidang Bisnis/Ekonomi
Peranan T1K dalam bidang bisnis sangat
besar karena tujuan dari bisnis adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh
dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK
merupakan keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis.
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer
digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem
komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis
sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan
keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis,
jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik,
distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting,
tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan
memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan
layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat
meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas
jejaring publik sebagian atau seenuhnya. Deregulation dan teknologi digital
baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan
mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan
posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan
bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif.
Layanan TIK sekarang digunakan oleh
semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan
finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua
industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring.
Para pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang
cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para
penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang
masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan
sendiri jejaring privat.
Perusahaan multinasional telah dapat
mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis
satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan
pengembangan produk dan disain manufaktur.
Perusahaan-perusahaan kecil lebih
terbatas kemampuannya untuk mengembangkan jejaring TIK sendiri ataupun untuk
menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika
organisasi tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk
menghasilkan penghematan. Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global
merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi TIK baru. Sektor-sektor yang
sangat bergantung pada TIK mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan
finansial.
Pada ruang lingkup yang lebih luas,
sebagai contoh pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai
disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis
yang ada. Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara
konstan diminta untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem,
dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai
operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan. Adapun dari sisi
pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan,
dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem
informasi manajetnen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat
bernama barcode reader, yaitu alat untuk
membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader
memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan
komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan hasil transaksi
setiap saat untuk mengetahui jenis barang, sisa stok, barang-barang yang harus
segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui
seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi. Semua itu dimungkinkan
karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi
manajemen. Dengan hadirnya
aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP). ERP adalah salahsatu aplikasi perangkat lunak yang
mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan. Sekarang
bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan hanya dengan menggunakan
teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis anda secara online
(E-commerce) dengan cakupan dunia. Berikut beberapan pengertian dari
E-commerce, M-commerce, dan L-commerce :
1.
Pengertian E-Commerce adalah Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa
Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat
kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business)
yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau
pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data
interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan
bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya
sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases),
e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang
lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
2.
Pengertian M-dagang atau M-Commerce (Mobile-Commerce, mCommerce) adalah sistem
perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan
portabel/mobile seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan
lain lain. Pada saat pengguna komputer berpindah dari satu tempat ke tempat
lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya), pengguna komputer tersebut dapat
melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan menggunakan sistem
m-dagang ini. Selain m-dagang, istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis
(Mobile Business atau m-business).
Dasarnya, m-dagang adalah gabungan dari
perdagangan elektronik (e-dagang) dengan mobile computing. Bisa dikatakan bahwa
m-dagang ini adalah e-dagang yang berada dalam lingkungan nirkabel. Seperti
halnya e-dagang pada umumnya, penggunaan m-dagang bisa ditransaksikan melalui
Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, dan infrastruktur lainnya.
M-dagang membuka peluang untuk memberikan layanan baru bagi customer yang telah
ada, dan untuk menarik customer baru.
3. Pengertian L-dagang atau L-Commerce (Location
based-Commerce) adalah sistem perdagangan elektronik (e-Commerce) yang
menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS (Global
Positioning Systems) dan satelit. Berbeda dengan m-dagang yang lebih menekankan
pada aspek pemakaian peralatan mobile, maka L-dagang bisa menggunakan baik
peralatan mobile maupun komputer jenis desktop.
Salah satu contoh yang sering dijumpai
dalam L-dagang adalah pencarian informasi mengenai letak restoran yang terdekat
dengan tempat pengguna Internet tersebut berada. Contoh lain dari L-dagang
adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat perusahaan
UPS atau Federal Express di Amerika Serikat. Namun sekarang, L-dagang juga
sudah mulai dipakai untuk melihat waktu kedatangan bis kota secara tepat di
suatu halte bis tertentu, yang sangat bermanfaat pada saat musim dingin yang
mencekam tiba.
B. Dampak Keuntungan dan Kerugian IT Dalam
Bidang Bisnis/Ekonomi
Keuntungan untuk Perusahaan/Perdagangan :
1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan
semakin membuka lapangan pekerjaan.
2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa
disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu
perusahaan atau perorangan
3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet
pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu
produk.
4. Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas,
karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
5. Perusahaan tidak perlu membuka cabang
distribusi
6. Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai
tidak banyak.
7. Harga barang lebih murah, karena biaya
operasionalnya murah.
Keuntungan yang diperoleh konsumen :
1. Konsumen tidak perlu ke toko untuk
mendapat barang.
2. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya
perjalanan.
3. Konsumen dapat membandingkan harga dari
pemasang iklan lain di internet.
4. Konsumen dapat membeli barang yang di
dalam negeri tidak ada.
5. Harga barang lebih murah.
Kerugian :
1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di
internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang
seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan
rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial
yang besar.
C. Manfaat dari perkembangan IT dalam bidang
Bisnis/Ekonomi
Di bidang bisnis baik perdagangan barang
maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,
periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan
tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS),
merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang
bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar,
menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department
store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi
dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak
manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning
barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
lah dipergunakan mesin cash register
(mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut
dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan
tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba,
inventori dan sebagainya.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Untuk mempertahankan kelangsungan hidup
suatu organisasi, harus disadari bahwa lingkungan usaha akan selalu berubah,
termasuk teknologi informasi yang juga mengalami perkembangan. Dengan
berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan perubahan-perubahan dalam
bidang ekonomi akan menyesuaikan dengan perkembangan kegiatan perusahaan.
Kehadiran teknologi informasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan,
seperti mampu meringankan aktivitas bisnis yang kompleks serta menghasilkan
informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami,
dan teruji dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan
manajemen. Selain itu efisiensi operasi perusahaan dan kinerja perusahaan juga
dapat ditingkatkan. Akibatnya perusahaan dapat tetap bertahan dalam era
informasi serta mampu menghadapi persaingan pasar global.
Selain menghasilkan manfaat,
perkembangan teknologi informasi juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif
bagi perusahaan, seperti tertutupnya kesempatan kerja, timbulnya resistance to
change serta timbulnya kejahatan-kejahatan teknologi informasi yang dapat
merugikan perusahaan.
Daftar
Pustaka
Gordon,
Judit R. (1993). Organizational Behavior. 4th edition. Needham Height- Mampu:
Allyn and Bacon.
Kontribusi
sektor TI dalam Pertumbuhan Ekonomi
Zulkarimen
Nasution, Perkembangan Teknologi Informasi, Universitas Terbuka, Jakarta, 2005.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel
dengan judul Perkembangan Komputer di Bidang Bisnis/Ekonomi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dedy9o.blogspot.com/2013/03/perkembangan-komputer-di-bidang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Kamis, 21 Maret 2013
Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMAWATI Sengaja ingin menulis
BalasHapussedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan AKI_SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 1 MINGGU
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI_SAKTI
kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 7Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi AKI_SAKTI DI NOMOR 085_242_421_477
agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi AKI_SAKTI pasti akan di bantu Oleh Beliau
Selamat Siang, salam sukses untuk anda.
BalasHapusPerkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
Saya melihat blog anda sangat informatif dan menarik. Oleh karena itu saya ingin mendiskusikan mengenai partnership afiliasi dari ForexMart yang dapat menguntungkan anda.
Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi saya di email arya@forexmart.com. Terima kasih.
sangat bermanfaat
BalasHapusMy blog